Assalamu’alaikum~
Selamat
Malam,
Hai berjumpa lagi dengan TEOREMA!
Kali ini TEOREMA mengundang pembicara yang sedang
berkarya dibidang analyst MNC Media dan beliau adalah Mas Mujib Nasikha!
Sebelum bekerja, beliau adalah alumni matematika UNDIP tahun 2008. Riwayat
organisasi beliau adalah beliau pernah menjabat sebagai Kadep HRD Kesima dan
Kadep Networking RIC.
Pada sesi kali ini,
dimoderatori oleh salah satu anggota TEOREMA, yaitu Mba Anggi. Pada tahap awal
peserta yang telah mendaftar diberikan arahan supaya diskusi kali ini berjalan
dengan lancar seperti sebelum-sebelumnya. Lalu dilanjut dengan perkenalan
dengan anggota TEOREMA. Dan tepat pukul 20:07 (maaf, kali ini ngaret 7 menit,
hihi) diskusipun dimulai J
Pada kesempatan awal, beliau menyapa semua peserta
TEOREMA. Beliau memaparkan bahwa setelah lulus lulus januari tahun 2013, pada bulan
Maret ditahun yang sama Mas Mujib diterima kerja di RCTI dibagian Departement
Marketing tepatnya di section Marketing Analist. Melihat perkembangan MNC Group
yang katanya group terbesar se-ASEAN (yang didalamnya terdapat RCTI, MNCTV dan
GTV) sebagai core bisnis di MNC Group. Maka, agar MNC Group tetap menjadi yang
nomor satu dibanding competitor kita (dalam
hal ini emtek yi SCTV, Indosiar, Trans corp, Trans7 dan TransTV). Maka
dibentuklah marketing MNC Media. Sehingga yang tadinya Mas Mujib di bagian
analist RCTI, sekarang berada di Marketing MNCMedia yang sekarang fokusnya
untuk 3 tv. Dan nantinya ke okezone, radio, koran sindo, indovision, Inews dan
MNC Channel.
****Karena telah panjang lebar
dijelaskan, maka dibukalah sesi tanya jawab****
Pertanyaan pertama
adalah dari Mas Karis Mashudi yang bertanya mengenai perbedaan
antara marketing analyst dan marketing biasa. Mas Mujib menjelaskan bahwa di
RCTI ada Divisi Sales Marketing. Didalamnya ada departemen Marketing Sales, SAS
(Sales Admin Support) dan Markom. Jika Marketing adalah mempersiapkan penjualan
untuk sales, mengatur pricing. Sales adalah dari tools yang sudah disiapkan
marketing, sales menawarkan produk-produk kita ke klien. SAS adalah setelah
sales deal paket, mereke menginput benefit dari paket untuk ditayangkan di jam,
menit, dan detik yang ada. Sedangkan Markom adalah yang mengurus event offair.
Nah di Marketing ada banyak section, diantaranya adalah Marketing Analyst,
Marketing Presentation, Marketing cprp, Eksekutor, dll. Marketing Anlyst
fungsinya adalah mengatur pricing/harga program. Melihat perkembangan
competitor dan penawaran khusus. Hal ini bisa dilihat jika di Matahari ada
spesial promo, misal buy one get one. Nah hal ini juga dilakukan, misal jika
program kurang laku kit turunin harganya.
Pertayaan kedua
adalah dari Mba Annisa, “berarti di Matematika
dibagian mananya mas? Marketing bukannya enggak lebih baik ekonomi? dan saya
penasaran dengan perjalanan Mas Mujib untuk mendapatkan job itu dengan rengtan
waktu kuranglebih 2 bulan J”
Marketing mungkin identik dengan ekonomi, khususnya ekonomi pemasaran. Tapi di RCTI, karena dari dulu yang ngembangin dari anak matematika dan statistika. Maka, manager disana lebih suka untuk mengambil anak dari jurusan Matematika. Kalau di tempat bekerja beliau, tidak terlalu memakai teorema-teorema macam diperkuliahan. Jadi harus belajar dari nol, dan pelajaran kuliah dulu mungkin tidak dipakai terlalu banyak. Cuman karena orang matematika logikanya bagus jadi bisa menyesuaikan karena disana kerjanya menggunakan excel. Sebelum memperoleh pekerjaan beliau telah mencari melamar pekerjaan sebelum lulus dan banyak mengikuti jobfair, sehingga hanya selang kuranglebih 2 bulan sudah memperoleh pekerjaan.
Marketing mungkin identik dengan ekonomi, khususnya ekonomi pemasaran. Tapi di RCTI, karena dari dulu yang ngembangin dari anak matematika dan statistika. Maka, manager disana lebih suka untuk mengambil anak dari jurusan Matematika. Kalau di tempat bekerja beliau, tidak terlalu memakai teorema-teorema macam diperkuliahan. Jadi harus belajar dari nol, dan pelajaran kuliah dulu mungkin tidak dipakai terlalu banyak. Cuman karena orang matematika logikanya bagus jadi bisa menyesuaikan karena disana kerjanya menggunakan excel. Sebelum memperoleh pekerjaan beliau telah mencari melamar pekerjaan sebelum lulus dan banyak mengikuti jobfair, sehingga hanya selang kuranglebih 2 bulan sudah memperoleh pekerjaan.
Pertanyaan ketiga
adalah dari Mba Fitri yang menanyakan mengenai
gagalnya tidak diterima pekerjaan karena faktor apa. Beliau menjelaskan jika
gagalnya seseorang karena belum rejekinya. Karena ketika kita melamar pekerjaan
kita tidak dikabarin gagalnya dengan sebab apa, yang terpenting kita harus
optimis. Artinya bisa jadi kita gagal karena perusahaan tersebut kurang bagus
untuk karir kita. Dan kita dapat juga loh tips dan trik dari mas Mujib saat
berjuang untuk mendapatkan pekerjaan adalah jangan lupa berdoa dan sholat
dhuha.
Selanjutnya,
pertanyaan terakhir dari Mba Andini, “awal keterima
disana kan kita diajarin dari nol, nah ada tidak materi matakuliah yang pernah
diajarin disana mas? saat wawancara, mas disuruh memberi contoh tentang
penerapan matematika? dan jika iya, contoh apa yang mas Mujib jelaskan? Lalu,
perusahan apa saja yang mas Mujib tau yang membutuhkan jurusan Matematika?”
dan mas Mujib pun menjawab,
- Kalau terkait
matakuliahnya mungkin belum ada. Tapi bukan berarti matakuliah yang kita
pelajari percuma. Karena padadasarnya tidak ada yang sia-sia didunia ini.
Pasti yang kita pelajari akan ada manfaatnya. Minimalnya wawasan kita jadi
bertambah, dan dimasa kuliah adalah proses pembentukan karakter. Dengan
belajar matematika, logikanya akan selalu diasah. Dan saat belajar disana
bisa menyesuaikan.
- Kebetulan tidak
ditanyakan mengenai contoh tentang penerapan matematika. Intinya, saat
wawancara kita ibaratkan diri kita akan dijual. Maka, promosikan dirimu,
jelaskan prestasimu, dan tujukkan bahwa kamu potensial dalam bidang
tersebut! Ganbatte!!
- Kalau setau beliau
perusahan yang membutuhkan jurusan Matematika adalah bank, asuransi, OJK,
PNS, Lapan.
Karena
telah malam, maka untuk TEOREMA kali ini diakhiri. dan inilah clossing
statement dari pembicara kita yang keren malam ini J
Ä yang
harus dicatat ketika kita bekerja dimanapun harus menjaga attitudes, sikap kita
keatasan, kerekan-rekan kerja harus baik. kerja adalah service, maka berikan
service terbaik untuk orang-orang disekeliling kita
Ä kreatif.
orang yang mau maju selalu ada ide-ide baru untuk meningkatkan perusahaan
Ä low
profile
Ä tetap
humble walau kita berada diatas
Cukup
sekian TEOREMA kali ini menyaapaaa
dan
jangan lupa untuk kepoin terus TEOREMA^^
sampai
jumpa di TEOREMA mendatang J
Selamat
Malam!
(dahlia/red)
ConversionConversion EmoticonEmoticon